Jumat, 28 April 2017

TUGAS SOFTSKILL ETIKA BISNIS; TUGAS INDIVIDU 2 _ ANALISIS PRODUK

TUGAS SOFTSKILL ETIKA BISNIS; TUGAS INDIVIDU 2
ANALAISIS PRODUK
“MINYAK ANGIN AROMATHERAPY XX”

Sejak lama masyarakat Indonesia mengenal produk minyak angin, salah satu jenis obat turun temurun yang dipakai oleh banyak orang hingga saat ini. Minyak angin kerap menemani perjalanan sebagian orang. Aroma dan kehangatannya dipercaya dapat meredakan berbagai penyakit ringan, seperti flu, sakit kepala, mual dan banyak lagi. Berdasarkan hasil riset, kebutuhan akan produk minyak angin sangat besar. Namun, bau yang menyengat, design botolnya yang terkesan kuno, dan citra sebagai produk orang tua membuat kategori produk minyak angin seperti jalan di tempat. Minyak angin perlu adanya perubahan sebagai aromatherapy yang terbuat dari menthol, champhor, dan essential oil. Mengapa? Karena dengan menggunakan bahan cairan tanaman yang mudah menguap, dikenal sebagai minyak esensial, dan senyawa aromatik lainnya dari tumbuhan yang bertujuan untuk mempengaruhi suasana hati atau kesehatan seseorang, dan efek relaksasi terhadap otak, yang sering digabungkan dengan praktek pengobatan alternatif. Dan seiring dengan berlalunya waktu kebutuhan yang akan berubah, perusahaan-perusahaan di Indonesia perlu response yang cepat dan inovasi yang kreatif untuk mengikuti perkembangan pasar, dan harus berusaha untuk menjawab tantangan pasar yang dinamis dengan membawakan produk yang inovatif ke tangan konsumen.

A. PROFIL PRODUK
Minyak Angin Aromatherapy XX di produksi oleh PT YZ. PT YZ memproduksi berbagai macam jenis obat yang masih eksis sampai sekarang, dan minyak angin aromatherapy XX adalah produk unggulan yang dibuat dengan sistem yang memastikan diolah dan dikontrol secara konsisten sesuai kualitas standard, mulai dari bahan awal, tempat dan alat sampai pelatihan dan kebersihan dari pekerja, juga telah melewati produk uji. Minyak Angin Aromatherapy XX diluncarkan pada pertengahan tahun 2010. Slogan Minyak Angin Aromatherapy XX yang mengidentifikasikan bahwa produk ini adalah aromatherapy yang menyegarkan dan sama sekali tidak menyengat, sehingga orang muda bahkan anak-anakpun bisa menyenanginya. Minyak Angin Aromatherapy XX hadir dengan kemasan botol roll on yang lebih modern seperti layaknya botol minyak wangi.

B. JENIS PERSAINGAN
PT YZ selalu berkomitmen untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan produk yang sangat kompetitif dengan berpedoman pada CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) atau GMP – Good Manufacturing Practise. PT YZ mengeluarkan produk terbarunya Minyak Angin Aromatherapy XX karena melihat tren pasar sesuai permintaan dan kebutuhan konsumen yang akan berubah seiring berlalunya waktu kebutuhan.
Minyak Angin Aromatherapy XX merupakan produk pendatang setelahproduk AB, tapi setiap bulan produk XX ada pertumbuhan / Growth. Produk-produk yang telah lama bermain di kategori minyak angin aromatherapy antara lain, AB, CD, dan EF yang merupakan produk yang telah lumayan lama ada di pasaran tapi belum begitu menuai keberhasilan yang memuaskan. Minyak Angin Aromatherapy XX akan berusaha untuk mempertahankan menjadi pemimpin pasar di kategori minyak angin aromatherapy.
Disini kita dapat membagi perusahaan sesuai dengan pasar sasaran mereka : Apakah pemimpin pasar, penantang, pengikut, atau pengisi relung pasar. Minyak Angin Aromatherapy XX untuk sekarang sudah mampu sebagai Market Leader, yang menggantikan produk AB. Walaupun produk XX merupakan produk pendatang baru, tapi mempunyai konsumen yang cukup banyak dan terus meningkat. Minyak Angin Aromatherapy XX sebagai Market Challengger  di terhadap produk-produk yang ada di pasaran terutama bagi produk BC dan EF. Hal ini dibuktikan PT YZ dengan melakukan iklan secara besar-besaran dengan nama Minyak Angin Aromatherapy XX
Minyak Angin Aromatherapy XX juga sekaligus sebagai Market Follower, karena produk XX baru muncul setelah produk AB yang tidak begitu sukses, tetapi bukan hanya Market Follower yang diam, akan tetapi menjadi Market Challengger yang cukup diperhitungkan oleh produk yang telah ada dan berkeinginan kuat untuk menjadi Market Leader.
Terakhir Market Nicher. Produk ini dikatakan produk-produk yang ada di pasaran tetapi kurang terkenal, contohnya antara lain GH, IJ, KL, MN, OP, QR, dan mungkin masih banyak produk lainnya yang ada di pasaran yang hanya mengikuti trend yang sudah ada.

C. CARA BERSAING
Minyak Angin Aromatherapy XX memang bukan produk minyak angin aromatherapy yang pertama hadir di pasar. Melainkan produk AB lebih dahulu masuk ke pasar, tapi distribusinya hanya sebatas daerah Jawa Timur. Seolah ingin menutup kekuranganproduk AB, produk dari PT VW, PT YZ secara serius menggarap pemasaranproduk XX. Pola distribusi diubah 180 derajat dari sebelumnya. Maklumlah, sebelumnya PT YZ bermain dijalur obat ethical yang pola distribusinya sangat berbeda dari produk over the counter atau obat bebas. Pasar modern, toko obat dan paritel menjadi sasaran distribusi produk yang dipasarkan di kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 13.000.
Setelah distribusinya cukup merata, PT YZ pun menggebrak pasar dengan promosi secara gencar. Promosi baik above the line (ATL) maupun below the line (BTL) dijalankan secara bersamaan dengan frekuensi yang cukup tinggi. Ketika meluncurkan produk baru, brand endorser merupakan alat yang powerful. Dalam posisi ini, selebriti yang sesuai dengan target audiencemerek mampu menguatkan keyakinan publik terhadap kategori baru suatu merek. Selebriti dapat berfungsi secara efektif , ketika sebuah merek berusaha menjaga dan menguatkan posisi kompetitifnya. Terutama ketika kompetitor memasuki pasar, selebriti dapat mengubah dinamika pasar. Dan, ketika perubahan kebutuhan konsumen menciptakan potensi yang lebih besar di sektor yang berbeda, selebriti juga menjadi sebuah pilihan untuk membantu repositioning merek. Bintang muda ST didapuk sebagai bintang iklan produk XX, kehadiran ST sebagai celebrity endorser diharapkan dapat membawa daya tarik pembeli termasuk para remaja, ST mewakili orang modern, dan produk Minyak Angin Aromatherapy XX merupakan minyak angin modern. PT YZ ingin membentuk persepsi minyak angin modern dengan kehadiran produk XX.
Di saat yang bersamaan, PT YZ gencar pula beraktivitas BTL. Aktivitas BTL yang dilakukannya berbeda di setiap daerah dengan acara seperti pemecahan rekor MURI. Yang turut berpartisipasi dalam acara ini sehingga total warga yang beraprtisipasi adalah kurang lebih 20.000 warga.
Strategi yang diterapkan PT YZ ternyata berbuah manis, penjualan produk XX langsung melejit, bahkan di atas ekspetasi. Sukses dengan varian original, 6 bulan setelah peluncuran beberapa varian baru. Walau bukan produk yang pertama, produk XX melakukan strategi pemasaran yang serius dengan beriklan.

D. SARAN
Produk Minyak Angin Aromatherapy adalah minyak pembasmi masuk angin tentunya berkhasiat aromatherapy karena minyak angin ini memiliki khasiat aromatherapy maka wajar kiranya apabila banyak produsen bersaing mempromosikan barang mereka hingga mampu dikenal masyarakat secara global. Industri minyak aromatherapy memang salah satu bisnis menjanjikan di Indonesia karena melalui bisnis produk kesehatan mengandalkan prinsip terapi melalui wewangian aromatherapy diharapkan mampu menjadi pioneer baru dalam terobosan baru produk kesehatan masyarakat, oleh sebab itu minyak angin aromatherapy menjadi semakin booming beberapa kurun waktu terakhir.
Produk XX memang sudah banyak diminati konsumen. Perbedaan antar produk minyak angin aromatherapy sangat tipis. Maka dalam hal ini harus disikapi hati-hati oleh PT YZ dengan menguatkan pengemasan, ketersediaan, pendistribusian, dan cara mengomunisasikannya. Jika tidak begitu, jika pesaing melakukan aktivasi pemasaran yang lebih besar, produk XX akan dilumat habis. Sama seperti gula pasir. Rasa dan bentuknya hampir sama, tapi yang menjadi top of mind masyarakat adalah produk yang gencar melakukan aktivasi above the line (ATL) dan below the line (BTL).
Menurut Saya produk XX sebagai produk yang sudah melakukan atributnya sebagaimestinya, telah membuat produk yang terpadu antara produk, kemasan dan labeling-nya. Kegunaannya pun tidak kalah dengan kemasannya yang menarik juga. Target pasar Minyak Angin Aromatherapy XX pun sangat luas, karena tidak menutup kemungkinan bagi segala kalangan, segala usia dan gender apapun bisa menggunakannya

SUMBER :
http://wildalingling.blogspot.co.id/2013/12/minyak-angin-aromatherapy-fress-care.html?m=1
http://ceritakan-sejarahmu.blogspot.co.id/2014_12_01_archive.html?m=1
http://merryastina.blogspot.co.id/2013/10/komunikasi-pemasaran-pada-fresh-care.html?m=1
http://sisicharista.blogspot.co.id/2014/12/analisis-kemasan-dan-labeling-produk.html?m=1

Nama : Nurlia
NPM : 18214229
Kelas : 3EA01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar